Tulisan Jalan

Hidupku untuk mengharumkan nama-MU Jangan bersukcita ketika engkau berhasil dalam pelayanan, tetapi bersukcitalah karena namamu tercatat di Surga

Kau istimewa. Di seluruh dunia, tidak ada orang yang sepertimu. Sejak bumi diciptakan tidak ada orang lain yang sepertimu. Tidak ada orang lain yang memiliki senyummu, tidak ada yang memiliki matamu, hidungmu, rambutmu, tanganmu, suaramu. Kau istimewa. Tidak ada orang lain yang memiliki tulisan yang sama denganmu. Tidak ada orang lain yang memiliki selera akan makanan, pakaian, musik, atau seni sepertimu. Tidak ada orang lain yang memiliki cara pandang sepertimu. Sepanjang masa tidak ada orang lain yang tertawa sepertimu, tidak ada yang menangis sepertimu. Kaulah satu di antara seluruh ciptaan yang memiliki kemampuan seperti yang kau miliki. sampai selamanya, tidak akan ada orang yang akan pernah melihat, berbicara, berjalan, berpikir, atau bertindak seperti dirimu. Kau istimewa...kau langka. Tuhan telah menjadikanmu istimewa dengan satu tujuan yaitu MEMULIAKAN DIA

Cari Blog Ini

Selasa, 13 Januari 2009

Taat Pada Perintah Allah

***Firman-Mu adalah Pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku***
Judul : Taat Pada Perintah Allah
Teks Alkitab : Bilangan 33:50-56


Kalau kita mau benar-benar hidup di dalam Tuhan, maka segala sesuatu yang menjadi penghalang harus disingkirkan.

Mengapa harus disingkirkan?


PENDAHULUAN

Yang punya anak pasti pernah mengalami dan merasakan hal ini, entah itu ibunya atau bapaknya. Ketika kita menyuruh anak untuk melakukan sesuatu, kadang tidak cukup satu kali tetapi harus berkali-kali baru mereka lakukan, apalagi kalau si anak sedang di depan televisi. Banyak orang tua yang mengeluh dalam mendidik anak-anak jaman sekarang, mereka ditegur berkali-kali baru mau berubah. Demikian juga halnya dengan Bangsa Israel, kita bisa melihat pengalaman mereka bersama Tuhan ketika bangsa ini di bebaskan dari perbudakan di Mesir. Tuhan sering memperingati dan menegur mereka supaya tidak menyimpang dari jalan Tuhan. Saudaraku, firman Tuhan malam ini mengatakan bahwa Tuhan memperingati mereka sebelum masuk ke dalam tanah perjanjian.


Perintah Tuhan untuk menghalau atau mengusir penduduk Kanaan
Setelah bangsa Israel tiba di dataran Moab, di tepi sungai Yordan dekat Yerikho, Allah berfirman kepada Bangsa Israel melalui Musa. Allah memerintahkan supaya setelah memasuki tanah perjanjian yaitu Kanaan, bangsa Israel harus menghalau seluruh penduduk negeri itu. Kata menghalau diterjemahkan usirlah semua penduduk negeri itu. Jika bangsa Israel tidak menghalau bangsa Kanaan, maka akan ada akibatnya. Kenapa bangsa Kanaan harus dihalau! karena cara hidup mereka sama seperti orang kafir atau orang yang tidak mengenal Allah, jadi mereka harus di halau? Cara hidup bangsa kanaan adalah penyembah2 berhala, suka memuja berhala, hidupnya cemar, serakah, mendirikan tempat-tempat penyembahan, dll. Mereka menyembah kepada ciptaan bukan kepada pencipta-Nya.

Ilustrasi
Saudaraku yang terkasih, seorang petani yang mengharapkan hasil panen yang baik, tentu dia tidak akan membiarkan tanaman padinya ditumbuhi oleh tanaman-tanaman penganggu lainnya. Tetapi dia akan rajin membersihkan dan mencabut setiap tanaman penggangu itu. Misalnya suatu waktu saudara dan saya menanam bunga gelombang cinta di dalam pot, tetapi di dalam pot yang sama tumbuh semak belukar. Kira-kira gelombang cinta ini bisa bertumbuh dengan baik atau lama-kelamaan akan mati!

Aplikasi
Saudaraku, demikian juga halnya dengan kehidupan kerohanian kita. Banyak tanaman-tanaman pengganggu yang menghalangi kerohanian kita untuk bertumbuh. Penghalang-penghalang itu bisa datangnya dari kita sendiri dan juga bisa dari lingkungan sekitar kita. Jika saudara dan saya mau bertumbuh di dalam persekutuan dengan Tuhan, maka hal-hal yang menjadi penghalang harus dihalau dari kehidupan saudara dan saya.


Perintah Tuhan untuk membinasakan seluruh berhala Bangsa Kanaan.
Tuhan tidak hanya memerintahkan untuk mengusir bangsa Kanaan, tetapi Allah juga memerintahkan kepada bangsa Israel supaya menghancurkan semua patung dewa dari batu, patung-patung tuangan dan bukit-bukit pengorbanan orang kafir yang mereka jumpai di negeri Kanaan. Mengapa. Tuhan memerintahkan untuk menghancurkan semua itu? Tuhan tahu siapa bangsa Israel, bangsa yang belum kuat dan mudah berpaling dari Tuhan. Jika berhala-berhala bangsa Kanaan dibiarkan dan tidak dimusnakan, maka bangsa Israel bisa tergoda sehingga berpaling dari Allah dan menyembah berhala-berhala bangsa Kanaan.

IlustrasiSaudaraku yang terkasih, waktu saya kecil saya pernah mengikuti satu ritual yang diadakan setelah panen padi. Ritual ini diadakan untuk memberi makanan kepada para dewi yang telah menjaga desa itu sehingga panennya berhasil. Ritual yang serupa juga mereka adakan ketika ternak melahirkan, mereka akan mengadakan ritual penyembahan di batu besar atau pohon-pohon besar.

Aplikasi
Saudara yang terkasih di dalam Tuhan Yesus, kadang kita pikir bahwa berhala-berhala itu hanya berupa patung berukir, patung tuangan, tempat penyembahan. Tetapi sebenarnya tanpa kita sadari berhala-berhala itu seringkali membelenggu hidup kita untuk bebas bersekut dengan Tuhan. Salah satu berhala yang sering menghancurkan persekutuan Tuhan dengan manusia adalah uang, karena uang, kebenaran, keadilan, dan peraturan bisa dijungkirbalikkan. Karena uang, para hakin, jaksa dan pengacara, polisi membela yang bayar, karena uang saudara, orang tua, bisa jadi musuh, karena uang sesama pemimpin saling menghancurkan, karena uang gelar sarjana muda sampai sarjana tua (doctor) bisa dibeli dengan mudah, mau dapat jabatan dalam pemerintahan atau non pemerintahan semua pakai uang. Uang telah menggantikan posisi Tuhan.

Akibat-akibat yang ditimbulkan karena kompromi dengan penduduk negeri itu? Firman Tuhan mengatakan, jika bangsa Israel gagal menghalau bangsa Kanaan atau dengan kata lain berkompromi dengan bangsa kanaan, maka hal ini akan menjadikan duri di dalam daging dan akhirnya menyebabkan keruntuhan Israel sendiri.

Ilustrasi:Saudara yang terkasih, ada seorang ibu yang mempunyai dua orang anak. Karena padatnya jadwal kegiatan, maka ibu ini menitip satu anaknya ke neneknya. Waktu berjalan kedua anak ini bertumbuh dalam didikan yang berbeda. Anak yang dititip di neneknya memperoleh didikan yang keras, sedangkan anak yang diasuh sendiri oleh ibunya tidak sekeras didikan anak yang diasuh oleh neneknya. Saudaraku suatu ketika anak yang tinggal dengan ibunya ketahuan mencuri di salah satu toko perhiasan. Anak ini ditangkap dan orang tuannya dipanggil. Setelah diproses, anak ini dibawah pulang ke rumah oleh ibunya. Apa yang terjadi, ibunya tidak tegas malah kompromi dengan perbuatan anaknya itu. Seminggu kemudian setelah dia ditangkap. Dia melakukan hal yang sama lagi, sampai beberapa kali… dan keinginan2 itu selalu berkecamuk di dalam hatinya, yang ppada akhirnya dia tidak kuat dan terhilang.

Aplikasi:Saudaraku firman Tuhan mengingatkan kita semua, jika kita tidak taat dan membiarkan berhala itu ada di dalam kehidupan kita maka berhala itu akan menjadi selumbar atau membutakan mata kita, bukan hanya itu tetapi berhala itu akan seperti duri yang menusuk lambung dengan kata lain berhala itu akan menyerang kita dan pada akhirnya kita akan sesat atau binasa.

Saudaraku yang dikasihi Tuhan Yesus. Kadang di dalam menjalani kehidupan di dunia ini, sering kali kita jatuh dalam dosa penyembah berhala. Tidak sedikit anak-anak Tuhan yang jatuh dalam dosa ini. Kadang hal itu dianggap biasa, tetapi Tuhan menghendaki supaya saudara dan saya taat akan perintah-Nya dan tidak kompromi dengan dosa tersebut. Menyembah berhala berarti kita menormorduakan Tuhan, misalnya:
  • Hari minggu sudah siap mau ke gereja, tetapi ada terlpon dari teman yang mengajak untuk mengikuti seminar sukses, akhirnya tidak jadi ke gereja.
  • Waktu untuk nonton sinetron lebih banya dari pada membaca firman Tuhan
  • Hobi kadang juga menjadi berhala dalam hidup kita
  • Mengandalkan kekuatan sendiri, pemikiran sendiri, imajinasi sendiri
  • Tidak puas dengan kekayaan yang dimiliki, sehingga kekayaan membutakan mata hatinya untuk melihat bahwa diluar sana masih banyak orang yang berkekurangan.
  • Tiak bisa menahan diri
  • Sinis kepada orang lain, mengangap diri paling benar
  • Dll...
Saudaraku firman Tuhan di dalam Roma 6:23, karena upah dosa adalah maut. ingat! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-ngaum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (1 Petrus 5:8)
Firman Tuhan mengatakan bahwa

Firman Tuhan katakan jika kita tidak sungguh2 untuk membinasakan berhala itu maka Tuhan sendiri yang akan bertindak. Coba kita lihat ayat terakhir yaitu ayat 56 ” Maka akan Kulakukan kepadamu seperti yang Kurancang melakukan kepada mereka.". di sini kita lihat bahwa Allah sendiri yang akan bertindak memusnakan seperti apa yang Dia lakan lakukan kepada bangsa kafir yaitu melenyapkan mereka. Penyembah berhala akan masauk ke dalam kobaran api yang abadi yaitu neraka.

PENUTUP

Saudaraku yang terkasih dalam Tuhan Yesus. Tuhan mengehendaki supaya saudara dan saya tidak menormorduakan Dia. Ketika saudara dan saya mencintai sesuatu lebih dari Tuhan, maka saudara telah menjadikan sesuatu itu tuhan, dan saat itulah saudara akan menjadi budaknya, dan ketika saudara menjadi budaknya, disitulah kehancuran dimulai. Dia menghendaki berhala-berhala yang ada dalam kehidupan kita dimusnakan, marilah kita jadikan Tuhan yang paling utama dan terutama di dalam hidup kita. Firman Tuhan di dalam Yeremia 17:5 mengatakan: "Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN! Oleh karena itu andalkanlah Tuhan dalam setiap langkah hidupmu, maka Tuhan akan menuntun engkau kejalan yang benar yaitu jalan menuju hidup yang abadi yaitu Yesus sendiri. Seperti Firman Tuhan katakan di dalam Matius 6:33 Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Saudaraku, Tuhan Yesus selalu menanti saudara dan saya untuk kembali kepada-Nya. Ingat , jangan keraskan hatimu, karena jika pintu kemurahan-Nya sudah tertutup maka Dia sendiri yang akan membinasakan saudara dan saya, seperti Dia membinasakan orang kafir. Tetapi percayalah ketika saudara dan saya mau mengambil komitmen untuk taat dan membinasakan berhala dari hidup saudara, maka Tuhan telah menyediakan tanah perjanjian yaitu kerajaan sorga yang abadi.

2 komentar:

peter lau mengatakan...

tq buat artikelnya ya, God bless, syalom

Frengki Baganu mengatakan...

Mantap Artikelnya. Memberkati

Berita Terkini

« »
« »
« »
Get this widget

Daftar Blog Saya

Komentar