Tulisan Jalan

Hidupku untuk mengharumkan nama-MU Jangan bersukcita ketika engkau berhasil dalam pelayanan, tetapi bersukcitalah karena namamu tercatat di Surga

Kau istimewa. Di seluruh dunia, tidak ada orang yang sepertimu. Sejak bumi diciptakan tidak ada orang lain yang sepertimu. Tidak ada orang lain yang memiliki senyummu, tidak ada yang memiliki matamu, hidungmu, rambutmu, tanganmu, suaramu. Kau istimewa. Tidak ada orang lain yang memiliki tulisan yang sama denganmu. Tidak ada orang lain yang memiliki selera akan makanan, pakaian, musik, atau seni sepertimu. Tidak ada orang lain yang memiliki cara pandang sepertimu. Sepanjang masa tidak ada orang lain yang tertawa sepertimu, tidak ada yang menangis sepertimu. Kaulah satu di antara seluruh ciptaan yang memiliki kemampuan seperti yang kau miliki. sampai selamanya, tidak akan ada orang yang akan pernah melihat, berbicara, berjalan, berpikir, atau bertindak seperti dirimu. Kau istimewa...kau langka. Tuhan telah menjadikanmu istimewa dengan satu tujuan yaitu MEMULIAKAN DIA

Cari Blog Ini

Sabtu, 12 Mei 2012

Doktrin Trinitas (bag. 2)

***Firman-Mu adalah Pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku***
Sumber: http://www.sabdaspace.org/konsep_doktrin_allah_tritunggal_yang_alkitabiah

Bila kita membaca Alkitab dengan teliti maka ada bagian-bagian Alkitab yang mewahyukan bahwa Allah itu ESA, sedangkan dibagian yang lain mewahyukan bahwa ada 3 PRIBADI Allah yang berbeda yaitu Bapa, Yesus dan Roh Kudus, ketiganya adalah pribadi Allah yang berbeda satu sama lain dengan pekerjaan dan peran yang berbeda pula. Mana yang benar: Allah itu ESA atau TIGA? Justru menjawab kesulitan inilah, bapa-bapa gereja merumuskannya menjadi konsep doktrin Allah Tritunggal berdasarkan ajaran Alkitab dan yang diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri.

Ayat-ayat mengenai Allah Tritunggal
Kita bisa menyelidiki Alkitab untuk membuktikan doktrin Allah Tritunggal, adanya 3 pribadi Allah dan perbedaan pekerjaan-pekerjaan Mereka. Ayat-ayat dalam Alkitab yang mewahyukan doktrin Allah Tritunggal antara lain (saya bagi menjadi 9 kelompok ayat):

1. Allah Tritunggal dalam satu ayat: terdiri dari 3 Pribadi yang berbeda
Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya, 3:17 lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: "Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan."
Matius 28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
Yohanes 14:16 Aku (Yesus) akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

2. Allah itu Esa
Markus 12:29 Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.
I Korintus 8:6 namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu Bapa, yang dari pada-Nya berasal segala sesuatu dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, yang oleh-Nya segala sesuatu telah dijadikan dan yang karena Dia kita hidup.
I Timotius 2:5 Karena Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus,

3. Yesus & Bapa adalah ESA

Yohanes 14:9 Kata Yesus kepadanya: "Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.
Yohanes 10:30 Aku dan Bapa adalah satu.
Yohanes 17:22 Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu.

4. Bapa adalah Allah
Matius 5:48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
Matius 6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
I Korintus 15:24 Kemudian tiba kesudahannya, yaitu bilamana Ia menyerahkan Kerajaan kepada Allah Bapa, sesudah Ia membinasakan segala pemerintahan, kekuasaan dan kekuatan.

5. Bapa tidak sama dengan Yesus

Matius 7:21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
Matius 10:40 Barangsiapa menyambut kamu, ia menyambut Aku, dan barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.
Matius 11:27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorang pun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.
Matius 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorang pun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa sendiri."
Lukas 10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."
Yohanes 1:18 Tidak seorang pun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.
Yohanes 5:23 supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa. Barangsiapa tidak menghormati Anak, ia juga tidak menghormati Bapa, yang mengutus Dia.
Yohanes 5:26 Sebab sama seperti Bapa mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri, demikian juga diberikan-Nya Anak mempunyai hidup dalam diri-Nya sendiri.
Yohanes 7:29 Aku kenal Dia, sebab Aku datang dari Dia dan Dialah yang mengutus Aku."
Yohanes 8:16 dan jikalau Aku menghakimi, maka penghakiman-Ku itu benar, sebab Aku tidak seorang diri, tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku.
Yohanes 8:18 Akulah yang bersaksi tentang diri-Ku sendiri, dan juga Bapa, yang mengutus Aku, bersaksi tentang Aku."
Yohanes 8:42 Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau Allah adalah Bapamu, kamu akan mengasihi Aku, sebab Aku keluar dan datang dari Allah. Dan Aku datang bukan atas kehendak-Ku sendiri, melainkan Dialah yang mengutus Aku.
Kisah Para Rasul 7:56 Lalu katanya: "Sungguh, aku melihat langit terbuka dan Anak Manusia berdiri di sebelah kanan Allah."

6. Bapa tidak sama dengan Allah Roh Kudus
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

7. Yesus adalah Allah
Yohanes 8:58 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada."
Matius 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!"
Matius 12:8 Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.
Matius 25:31 "Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya.
Yohanes 3:13 Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.
Yohanes
5:17 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Bapa-Ku bekerja sampai sekarang, maka Aku pun bekerja juga."
5:18 Sebab itu orang-orang Yahudi lebih berusaha lagi untuk membunuh-Nya, bukan saja karena Ia meniadakan hari Sabat, tetapi juga karena Ia mengatakan bahwa Allah adalah Bapa-Nya sendiri dan dengan demikian menyamakan diri-Nya dengan Allah.
Yohanes 10:33 Jawab orang-orang Yahudi itu: "Bukan karena suatu pekerjaan baik maka kami mau melempari Engkau, melainkan karena Engkau menghujat Allah dan karena Engkau, sekalipun hanya seorang manusia saja, menyamakan diri-Mu dengan Allah."
Yohanes 6:37 Semua yang diberikan Bapa kepada-Ku akan datang kepada-Ku, dan barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan Kubuang.
Yohanes 6:40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

8. Roh Kudus adalah Allah
Matius 12:32 Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datang pun tidak.
I Korintus 2:11 Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah.
I Korintus 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
II Korintus 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.

9. Roh Kudus tidak sama dengan Bapa & Yesus
I Korintus 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: "Terkutuklah Yesus!" dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: "Yesus adalah Tuhan", selain oleh Roh Kudus.
Yohanes 7:39 Yang dimaksudkan-Nya ialah Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya; sebab Roh itu belum datang, karena Yesus belum dimuliakan.
Yohanes 14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
Yohanes 14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.
Yohanes 15:26 Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
Yohanes 16:7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
I Korintus 2:10 Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah.

Doktrin Allah Tritunggal
Doktrin Allah Tritunggal merupakan salah satu doktrin utama dalam Kekristenan. Artinya, doktrin ini merupakan tiang penopang ajaran Kristen yang sejati. Bila ada orang berhasil merobohkan atau membelokkan tiang ini, itu sama artinya telah merobohkan Kekristenan itu sendiri.
Oleh karena itu lah para pendahulu kita, bapa-bapa gereja memandang perlu untuk merumuskan doktrin ini secara sederhana, agar mudah diingat dan dipahami dan dijadikan Pengakuan Iman yang tiap minggu diucapkan di ibadah gereja. Berdasarkan wahyu Alkitab tersebut para bapa-bapa gereja kita terdahulu telah merumuskan doktrin Allah Tritunggal sbb:
1. Allah Tritunggal terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak yang dalam diri Yesus Kristus berinkarnasi menjadi manusia dan Allah Roh Kudus yang diutus setelah Yesus naik ke Sorga untuk menyertai orang percaya. Ketiga nya adalah Allah yang kekal, berbeda satu sama lain dan setara.
2. Allah Bapa, Allah Anak (Yesus) dan Allah Roh Kudus adalah Allah yang ESA.
Bagaimana kita bisa memahami KONSEP TRITUNGGAL ini? Bagaimana memahami Allah itu ada TIGA tetapi SATU, bagaimana memahami Allah itu SATU tetapi TIGA? Orang yang memahami bahwa Allah itu hanya ESA saja jelas tidak mengerti konsep Allah Tritunggal yang diwahyukan Alkitab. Orang yang mengatakan bahwa Allah itu ada 3 pribadi yang terpisah sama sekali, jelas juga tidak mengerti Allah Tritunggal yang diwahyukan oleh Alkitab. Allah Tritunggal adalah ada tiga pribadi yang berbeda Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus, dimana ketiganya Allah yang ESA. Titik.
Dengan menyusun formula lain untuk menjelaskan konsep ini malah akan menyesatkan ajaran yang sejati ini. Doktrin ini telah dirumuskan dengan cara yang terbaik sejak ratusan tahun yang silam! Namun tetap saja ada orang yang membuat ilustrasi dengan tujuan untuk membantu menjelaskan keadaan Allah Tritunggal. Ilustrasi yang popular antara lain:
1. Ilustrasi TEH MANIS dengan komponen: AIR, TEH & GULA, ketiga komponen menjadi satu.
2. Ilustrasi SEGITIGA SAMA SISI, ke 3 sisi membentuk 1 buah segitiga yang utuh.
3. Dll
Namun menurut saya, ilustrasi itu hanya akan membelokkan pemahaman yang benar tentang doktrin yang benar ini!

Kesimpulan
Bila kita ingin mengenal Allah yang benar, maka kita harus menerima Allah yang telah menyatakan diri MEREKA kepada manusia melalui penyataan Yesus Kristus sendiri, para rasul-Nya dan melalui Alkitab, yaitu bahwa Allah yang benar adalah Allah Tritunggal: yang terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak dan Allah Roh Kudus, ketiganya Allah yang ESA.
Dengan mengetahui dan memahami doktrin Tritunggal yang alkitabiah, kita dengan mudah mengenali ajaran-ajaran yang SALAH / SESAT tentang Allah Tritunggal.

Catatan:
1. Tadinya saya mengira semua orang Kristen sudah mengetahui konsep doktrin Allah Tritunggal dengan baik. Bukan bermaksud menuntut mereka untuk memahami tentang doktrin itu (karena konsep ini memang sulit diterima akal), tetapi seharusnya lah sudah TAHU mengenai konsep yang Alkitabiah. Bukankah doktrin ini selalu diucapkan dalam Pengakuan Iman dalam ibadah Gereja setiap hari Minggu?
2. Namun berdasarkan diskusi saya baru-baru ini dengan seorang blogger yang sangat aktif menulis di Sabda ini, membuka mata kita semua, walau sudah rajin membaca Alkitab setiap hari ternyata secara tidak sadar kita sudah mengabaikan doktrin-doktrin dasar yang menjadi tiang penopang ajaran Kristen yang sejati. Karena itu saya ada beban untuk menulis tentang topik ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mengacu pada catatan nomer 2 saudara :
Kenapa mempelajari alkitab setiap hari malah membuat mengabaikan ajaran dasar yang terpenting. Bukannya alkitab seharusnya menerangkan secara lebih detail dari apa yang disebut dasar itu dan memberi penjelasan lebih dalam dan dalam lagi tentang pengertian Tritunggal Allah.
Jadi terdapat kesalahan terhadap alkitab, kalau terjadi kesalahan terhadap pedoman berarti selama ini salah mempelajari isinya dan memahami maknanya. Saya KOX SEMAKIN TIDAK PERCAYA YA DENGAN INI.
Terimakasih.

A4L - PAS mengatakan...

trima kasih untuk komennya, sebelum sy menjawab pertanyaan anda, sy mau tanya dulu apa yang saudara pahami tentang Allah Tritunggal?

Berita Terkini

« »
« »
« »
Get this widget

Daftar Blog Saya

Komentar